Rabu, 20 Januari 2021

ASUS VivoBook 14 (A416), Bikin Semangat Mengajar Daring

Tanggal 16 Maret 2020, Saya masih ingat betul tanggal itu. Saat dimana, Saya sudah mempersiapkan setting server untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Tiba-tiba ada kabar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa UNBK harus di batalkan. Sedih, Tentu sedih, apalagi dibarengi dengan tidak diperbolehkan adanya pembelajaran Tatap Muka di kelas. Lantas, yang muncul dibenak Saya dan teman-teman Guru lainnya. Bagaimana cara mengajar siswa kami kalau tidak boleh Ketemu?

Akhirnya Surat Edaran selanjutnya pun muncul, barulah sudah jelas sekarang. Bahwa untuk sementara Pembelajaran yang biasanya tatap muka harus diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Apakah bisa, Kami para guru yang biasa mengajar tatap muka harus belajar melalui media aplikasi? Tentu Bisa, hanya saja tidak mudah. Apalagi sarana dan prasarana yang jauh dari kata mumpuni.

Sebagai Guru Komputer, saya pun mendapat banyak permintaan pendampingan dari Bapak/Ibu Guru yang lain.

Laptop Lemot Jadi Kendala

Siapa sangka, ketika Bapak/Ibu Guru yang terbiasa mengajar di Papan Tulis, sekarang tiba-tiba harus Pakai PowerPoint, tiba-tiba jadi artis Zoom dadakan. Saya jadi kebanjiran pengaduan dari Bapak/Ibu Guru lain yang komplain laptopnya lemot. Bagaimana tidak lemot, ternyata Laptop yang dipakai adalah Laptop Jadul yang Pakai Ram 2 GB, Apalagi dengan Prosesor Intel Pentium dan Intel Core generasi awal. 

Office Mendadak Expired

Selain laptop Lemot, masalah yang kedua teratas paling sering muncul adalah Tiba-tiba Powrpoint yang Expired atau terdeteksi bajakan. Otomatis, Semua Aplikasi seperti Microsoft Word, Excel dan PowerPoint langsung tidak bisa digunakan lagi. Saya tanya, Apa masih ingat beli Windows atau Office nya dimana? Hampir semuanya mengatakan bahwa Officenya di installkan oleh Teknisi Penjual. Ya pantas saja, terdeteksi bajakan.

Laptop Besar dan Berat

Kendala yang terakhir, mungkin hal yang lazim bagi yang punya Laptop Tua dan Jadul. Ya, Laptopnya sangat berat, bahkan beberapa Guru ada yang Laptopnya memiliki berat diatas 3Kg. Saya sering berceloteh “Pak, itu Laptop atau Gas Elpiji Melon?” 

Untung saya menggunakan Produk Asus, Dari dulu memang suka dengan Laptop keluaran dari Asus. Selain karena Tangguh, Awet, Speknya pun mumpuni dan sangat worth it untuk di kantong. Saat awal-awal berlakunya Pembelajaran Jarak Jauh saya masih memakai Laptop Andalan saya, yaitu Asus X441ma yang masih tangguh sekali saya gunakan untuk Live Zoom maupun Live Youtube menggunakan Aplikasi OBS.

Tetap Semangat Mengajar dengan ASUS

Berikut beberapa hasil Live Youtube Pembelajaran saya saat itu.

PJJ Live Youtube
Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Livestream Youtube

Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Live Zoom
Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Live Zoom Menggunakan Laptop Asus
 

Prestasi Selama Mengajar Daring

Selama mengajar Daring dengan Asus Pun saya menemukan kenyamanan yang luar biasa. Hingga akhirnya Bisa di apresiasi oleh beberapa instansi dengan proses belajar mengejar secara daring (PJJ) Saya. Walaupun tidak banyak, setidaknya dapat menginspirasi Guru lain agar semangat mengajar Daringnya.

Lomba Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring (PJJ)

Lomba Kegiatan Belajar Mengajar Secara Daring (PJJ)

 Lomba Blog dalam Tema Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19
Lomba Blog dalam Tema Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

 

Setelah Memasuki PJJ Tahap ke-tiga, Bapak/Ibu Guru yang lain pun sudah mulai merasakan butuh Senjata Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Yap, Laptop mereka harus Upgrade. Ketika meminta pertimbangan saya, laptop mana yag bagus digunakan saya selalu menyarankan untuk memilih Laptop Asus. Selain karena saya pakai Asus, juga karena  Produknya bisa diandalkan.

Pandangan Pertama Asus VivoBook 14 (A416)

Baru Akhir Desember 2020, Saya diberi tahu oleh salah satu Guru, kalau habis beli Laptop Asus baru versi VivoBook 14 (A416). Untuk harganya sekitar 5 Juta katanya. Sayapun kaget, ketika tahu ada Produk Laptop Asus yang satu ini, akhirnya saya cek luar dalamnya apakah Worth it? Berikut ulasan saya ketika menemukan Laptop Asus VIVOBOOK 14 (A416).




ASUS VivoBook 14 (A416), Salah satu senjata untuk Semangat Mengajar PJJ

Salah satu Keunggulan Asus yang saya sukai dibanding dengan Merk Laptop lain adalah Desainnya yang ergonomis yang Cantik. Sehingga dibawa kemana-mana sangat nyaman. Coba lihat saja, lihat Gambar Asus VivoBook 14 (A416) Berikut ini : 

Asus VivoBook 14 (A416)

Performance Laptop yang Kencang

Asus VivoBook 14 (A416) memiliki prosesor hingga 10th Gen Intel Core dalam versi tertingginya punya Intel Core i5-1035G1. Wah Gila ini, setau saya prosesor versi itu, punya Clock hingga 3,6GHz.  Salah satu, yang membantu dalam Proses Pengajaran Digital adalah Multitasking, bisa ngezoom sambil share screen File Presentasi. Tentu dengan adanya Prosesor ini, membuat live zoom lancar jaya tanpa masalah.

Kemampuan Grafis yang Oke Punya

Dalam proses belajar mengajar live secara live (syncronous learning) biasanya kami record kemudian edit videonya sebelum Upload ke Youtube Resmi Sekolah. Nah, ternyata Asus VivoBook 14 (A416) ini dilengkapi dengan NVIDIA GeForce MX330 memungkinkan saya untuk edit video langsung melalui Laptop ini. Untuk beberapa kali saya tes dengan main Game PES 2017 favorit saya pun, menjadi lancar jaya tanpa ada masalah. 

Komplit dengan Windows 10 dan Microsoft Office Pre-Installed

Salah satu yang membuat alasan Rekan-Rekan Guru lain saya sarankan untuk memilih Asus VivoBook 14 (A416) adalah adanya Gratis Windows 10 dan Microsoft Office 2019 yang sudah Pre-Installed. Wah, tanpa harus keluar biaya tambahan, Bapak/Ibu Guru bisa pakai laptop ini. Apalagi aplikasi non bajakan, sehingga rezeki semakin berkah dengan menggunakan produk non bajakan. Seperti halnya, cita-cita mencerdaskan bangsa, kita harus terhindar dari perilaku yang mengurangi berkah.

 
Biar lebih yakin lagi, berikut saya berikan Spesifikasi dan Harga Asus VivoBook 14 (A416) Lengkap

Spesifikasi Asus Vivobook 14


Bagaimana, Butuh Suntikan Semangat dalam Mengajar Daring? Coba Pakai Asus VivoBook 14 untuk Mengajar Daring dari Rumah (Work From Home).  Dijamin tidak lemot sama sekali dan nyaman digunakan untuk mengajar secara daring.

Salam Semangat Mencerdaskan Penerus Bangsa. - Ahmad Ridlo Fadlli Robbi -

Latest
Next Post

post written by:

Seorang Blogger, Penulis dan Bercita-cita menjadi Orang yang Paling Bermanfaat Sedunia Akhirat

0 komentar: