Jumat, 09 Oktober 2020

5 Hal yang Gak Bisa Kamu Rasakan Ketika Pakai Asus ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 Game Changer


Ketika kamu membaca judul artikel ini, Kamu sedang tidak salah baca. Bukan pula penulis yang typo dalam menulis judulnya, ini memang beneran terjadi. Memang harus kita akui bersama, di Dunia ini ada yang terlihat dan ada yang tidak terlihat. Ada yang bisa dilakukan adapula yang tidak bisa dilakukan. Itu sudah menjadi hukum alam atau kodrat yang semestinya.


Asus kembali lagi menggemparkan dunia Smartphone Gaming, dengan menghadirkan Asus ROG Phone 3. Setelah sebelumnya, sukses mengubah dunia Gaming Smartphone dengan ROG Phone 1 dan ROG PHone 2. Kali ini tidak main-main Asus memberikan Rancangan terbaiknya dengan Asus ROG Phone 3. Walaupun sampai saat ini menjadi smartphone gaming yang tidak ada tandingannya sampai saat ini, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan ketika kamu punya Asus ROG Phone 3.

5 Hal yang Gak bisa Kamu Rasakan Saat Kamu Pakai Asus ROG Phone 3


1. Kamu Gak Bisa Merasakan HP Nge-Lag Saat Main Game


Asus ROG Phone 3 merupakan Flagship pertama yang dibekali chipset Snapdragon 865 Plus yang sangat kencang. SoC ini memiliki memiliki kecepatan mencapai 3.1 GHz, yang tentunya akan membuat kamu bisa say Goodbye pada nge-lag saat bermain Game. Kalau kamu pernah menggunakan Snapdragon 865, pernah merasakan begitu powerfullnya SoC tersebut, ini kelas atasnya lagi. Menurut Qualcomm sendiri, Processor Kyro 585 dalam chipset ini, memiliki Clockspeed yang lebih tinggi 10% dari chipset sebelumnya. Cocok buat kamu, yang ingin menjadi professional gamer ataupun menjadi gamer yang gak mau kompromi.


Perbedaan Qualcomm Snapdragon 865 vs Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Game Changer yang diusung Asus ROG Phone 3 bukan hanya slogan semata. Asus ROG Phone 3 memakai Chipset Qualcomm snapdragon 865 Plus sekaligus menjadi Smartphone Gaming pertama yang menggunakan Chipset tersebut di Indonesia. Pasti banyak sekali pertanyaan, Lantas apa bedanya dengan Snapdragon 865 biasa ? 


Qualcomm Snapdragon 865 Plus menggunakan Processor Qualcomm Kryo 585 yang meningkatkan performa lebih dari 10% dari versi Sebelumnya. Snapdragon 865 standar memiliki kecepatan 2,84 GHz sedangakan untuk Snapdragon 865 Plus memiliki kecepatan 3,1 Ghz. Disisi lain untuk urusan Pengolah Grafis (GPU) juga digenjot dengan adanya Adreno 650 GPU yang memiliki kemampuan rendering 10% lebih cepat dari versi sebelumnya.


Menurut Versus.com, salah satu perbedaan mencolok dari Snapdragon 865 standar dengan snapdragon 865 plus terletak pada konektivitas. Qualcomm Snapdragon X55 5G Modem yang terpasang pada SoC Snapdragon 865 Plus mampu menempati kecepatan 7.5 Gbps secara mulus. Secara bandwith memori juga lebih banyak yaitu 3.02Gb/s dan Kecepatan Upload lebih cepat 9.43 kali.

Qualcomm Snapdragon 865 vs Qualcomm Snapdragon 865 Plus
Qualcomm Snapdragon 865 vs Qualcomm Snapdragon 865 Plus


Hasil Tes Antutu Benchmark pada Snapdragon 865 Plus

Hasil Tes Antutu Benchmark pada Snapdragon 865 vs Snapdragon 865 Plus
Hasil Tes Antutu Benchmark pada Snapdragon 865 Plus



Snapdragon 865 Plus mencetak skor total 667.253 Poin. Poin ini jauh lebih tinggi dari Poin yang diraih oleh Snapdragon 865 yaitu 604.123. Rincian skor yang diperoleh oleh Snapdragon 865 Plus diantaranya  skor CPU 184.973 Poin, Skor untuk GPU 283.302 , Skor memori 112.050 serta Skor UX 86.928.


2. Kamu Gak Bisa Merasakan Layar Burik 


Asus ROG Phone 3 launching dengan semboyan “Game Changer” nampaknya bukan hanya slogan semata. Karena pada faktanya, Pihak Asus memang benar-benar serius mengenai ambisi mereka untuk memimpin pasar gaming smartphone. Bayangkan saja, Untuk urusan display saja mereka mengeluarkan semua komposisi terbaik demi memanjakan para gamer.


Spesifikasi Display dari Asus ROG Phone 3
Spesifikasi Display dari Asus ROG Phone 3


Komposisi racikan dari Asus dimulai dari memberikan layar ekstra lebar dengan ukuran 6.59 Inch dengan memilih Panel AMOLED dan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixel. Belum Lagi dilengkapi dengan  10-bit HDR Display yang tentunya akan membawa pengalaman Kamu dalam menikmati visual.


Spesifikasi Layar ASUS ROG Phone 3
Spesifikasi Layar ASUS ROG Phone 3


Refresh Rate yang diusung pun tidak main-main 144Hz yang akan membuat kita bermain game semakin terasa nyata. Bermain Game seperti PUBG dan COD Mobile pun dapat disikat dengan pilihan Layar Ultra HD. Apalagi didukung dengan Respons time 1ms yang semakin membuat kita nyaman. Sebagai Informasi, Asus ROG Phone 3 sampai saat ini memegang rekor Smartphone Gaming dengan Touch Latency terendah yaitu 25ms.


Benarkah Asus menyembunyikan Fitur Refresh Rate 160Hz  ? Baca Selengkapnya disini

 

Lebih dari 100+ Game yang Mendukung 144Hz Display

Daftar Game yang Mendukung 144 Hz
Daftar Game yang Mendukung 144 Hz


Memang ada Game yang sudah support 144Hz? Eitss, tunggu dulu. Sampai tulisan ini dibuat, sudah ada lebih dari 100 Games yang support dengan 144Hz Display.  Seperti Slamdunk, Forsaken World, Yu-Gi Oh! Dan lain sebagainya.


Semua Game tersebut, sudah tertata rapi dalam katalog Game yang bisa dimainkan dengan refresh rate 144Hz di Aplikasi Armoury Crate. Ya, Asus memang gak tanggung-tanggung lagi. Sampai menyiapkan daftar game nya secara langsung melalui aplikasi ini.


Armoury Crate Daftar Game
Armoury Crate Daftar Game


ROG Phone 3 digadang-gadang sebagai Smartphone pertama yang memiliki touch latency paling rendah yaitu hanya 25milisecond. Touch Latency yang rendah dapat membantu mengenali input sentuhan yang lebih cepat, sehingga mempengaruahi performa gaming secara keseluruhan.




3. Kamu Gak Bisa Merasakan Batterai Boros Cepat Abis


Salah satu aspek penting yang akan membuat kita memilih Smartphone Gaming adalah kapasitas baterainya. Semakin tinggi kapasitas baterai semakin lama kita bisa bermain game tanpa melakukan charging. Untuk itu, Asus mencoba menjawab problem tersebut dengan menyertakan Baterai 6000 mAh pada Asus ROG Phone 3. Baterai 6000mAh ini akan menemani kita dalam bermain game seharian. Lantas, berapa lama daya tahan baterai dengan kapasitas sebesar ini?


Daya Tahan Baterai


Pengujian mengenai Daya Tahan Baterai Asus ROG Phone 3 pada Benchmark PCMark Work 2.0 Baterai Mencatatkan Asus ROG Phone III memiliki masa hidup 16.33 Jam. Tentu hasilnya akan berbeda apabila kita mengaktifkan fresh rate 144Hz yang tahan dalam 12.81 Jam.


Daya Tahan baterai di Benchmark PCMark Work 2.0
Daya Tahan baterai di Benchmark PCMark Work 2.0


Akan tetapi, Salah satu media gadget ternama gadgetsnow.com telah melakukan tes pada Daya tahan baterai Asus ROG Phone 3 dari 100% - 0% dengan pemakaian normal seperti chat, browsing, telpon dan bermain media sosial mencatatkan bahwa Baterai Asus ROG Phone 3 dapat bertahan hingga 2 hari.


Sejalan dengan itu, pengujian juga dilakukan oleh tim asus sendiri mengenai daya tahan baterai 6000 mAh. Hasil pengujian tersebut menunjukkan angka yang cukup bagus yakni ROG Phone 3 mampu bertahan selama 9,2 Jam ketika bermain Game PUBG Mobile, bertahan 9,6 Jam pada Game Asphalt 8 dan bertahan 9.3 Jam ketika bermain Game Call Of Duty Mobile (CODM). 


Unbeatable Battery King Asus ROG Phone 3
Unbeatable Battery King Asus ROG Phone 3 


Kenapa bisa hasil tes Benchmark bisa berbeda dengan hasil tes secara ril? Artificial Intelegent jawabannya. Penggunaan AI pada sistem Baterai sangat berpengaruh pada daya baterai Asus ROG Phone 3. Teknologi Energy Saver di Asus semakin canggih dengan adanya Snapdragon 865 Plus dari sisi hardware. Pernyataan ini sejalan dengan pernyataan dari pihak Qualcomm yang memang membekali kemampuan AI di SoC tersebut.


Dari sisi Software, Asus menyiapkan Asus PowerMaster yang merupakan software komplit yang menangani urusan baterai. Sebenarnya PowerMaster sudah muncul pada Asus ROG di seri sebelumnya, akan tetapi pada Asus ROG Phone 3 ada beberapa fitur tambahan yang membuat baterai kita semakin berumur Panjang.


Asus PowerMaster

Asus PowerMaster mungkin tidak terlalu asing bagi Kamu yang sudah pernah menggunakan ROG Phone di seri sebelumnya. Bagi kamu yang baru tahu sekarang, jangan khawatir admin akan memberikan beberapa fitur yang sangat berguna yang terdapat pada Asus ROG Phone 3.


Asus PowerMaster Pada Asus ROG Phone 3
Asus PowerMaster Pada Asus ROG Phone 3 


PowerMaster merupakan Aplikasi manajer baterai andalan dari Asus. Bertugas sebagai ujung tombak dalam pengoptimalan kinerja daya dan memperpanjang masa pakai baterai. PowerMaster pada Asus ROG Phone 3 ini memiliki fitur yang berbeda dari biasanya. Apa saja fiturnya ?

 

1. Energy Saving

Energy Saving pada Asus ROG Phone 3 memiliki 2 Fitur bawaan seperti Power Saving yang akan menonaktifkan mobile data secara sementara ketika dalam keadaan sleep mode. Super Saving yang akan menonaktifkan Internet, Kecerahan layar akan tetapi masih bisa menggunakan SMS dan Telpon. 


Nah, Kerennya lagi PowerMaster memperbolehkan kita untuk memberikan kustomisasi mode hemat baterai. Misalnya pada baterai 30 Persen, maka Game akan menutup atau Internet akan disable sementara dan lain sebagainya. Fitur yang cukup keren bukan ?


2. Smart Switch

SmartSwitch merupakan fitur yang dapat mengatur untuk perpindahan Mode Hemat daya pada keadaan tertentu. Misalnya Smartphone akan beralih ke mode hemat daya (Energy Saving) ketika baterai hanya tersisa 10%. Atau misalnya kita ingin membatasi penggunaan ketika sudah melewati jam 1 Malam. Nah, skenario seperti itu bisa banget dilakukan disini.


3. Mode Charging

Asus ROG Phone 3 memiliki salah satu fitur unggulan lainnya yaitu HyperFast Charging. Ya, berbeda dengan fitur Fast Charging, HyperFast merupakan fitur yang lebih tinggi dari biasanya. Bayangkan saja, HyperFast Charging menggunakan pengisian daya dengan 30Watt. Menurut pengakuan dari channel youtube JagatReview, mereka melakukan Tes HyperFast Charging di Asus ROG Phone 3 hanya membutuhkan 1 Jam 44 Menit untuk mengisi baterai 6000mAh Asus ROG Phone 3 dari 0% hingga Full.


Akan tetapi kamu juga bisa mengaktifkan fitur Slow Charging. Fitur ini memungkinkan kamu mengisi baterai hanya dengan 10Watt daya yang masuk. Menurut Asus sendiri Slow Charging bisa lebih menjaga masa aktif baterai yang lebih lama.


4. Custom Charging Limit

Custom Charging limit akan secara otomatis menghentikan proses pengisian baterai pada kondisi tertentu. Misalnya kamu setting maksimal charging adalah 80%. Maka ketika pengisian sudah mencapai 80% secara otomatis akan berhenti.


5. Scheduled Charging

Scheduled Charging salah satu Fitur AI yang akan memungkinkan kita untuk melakukan charging Hyperfast dan Slow Charging secara otomatis. Bisa diatur dengan satuan waktu ataupun level persentase baterai. Misalnya kita melakukan pengisian baterai dengan mode hyperfast charging 30Watt, akan tetapi sudah mencapai level 70%. Maka, baterai akan melakukan pengisian baterai dengan sistem slow charging 10Watt.



4. Kamu Gak Akan Merasa di Anak Tirikan Sebagai Gamers

Sebagai smartphone gamer, terkadang kita di anak tirikan oleh Desktop gamer yang mengklaim bahwa PC memiliki keunggulan yang lebih daripada smartphone. Eits, tunggu dulu, ROG Phone 3 secara khusus dirancang untuk Gamer. Smartphone gamer dapat merasakan pengalaman sebagai gamer yang luar biasa, bahkan setara dengan pengalaman bermain game di Desktop.


Dari Sisi Chipset, Snapdragon 865+ termasuk dalam chipset snapdragon elite gaming yang memiliki beberapa keunggulan seperti Game Fast Loader. Dilansir dari situs Qualcomm, Game Fast Loader ini akan menghadirkan kinerja kualitas dekstop ke arena game seluler, karena kecepatan dan efisiensi yang luar biasa dalam mendeliver sebuah game. Kerennya lagi, Driver GPU dalam Snapdragon 865+ dapat diupdate secara berkala melalui playstore.


Dari Sisi Jaringan, Chipset ini juga memiliki fitur Game Network Latency manager. Fitur ini akan mengoptimalkan jaringan simcard dan wifi yang akan membuat game online-mu lebih cepat dan stabil. 

Fitur ini, lumayan membantu bagi pemain PUBG Mobile agar kita bisa masuk ke loby game lebih cepat.


Dari sisi Fisik, Asus ROG Phone 3 memiliki fitur AirTrigger 3. Air Trigger 3 memiliki fitur tambahan seperti swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan kita untuk memiliki kontrol penuh terhadap semua game yang dimainkan. Fitur lain, yang dimiliki oleh Air Trigger 3 adalah Motion sensor. Motion sensor dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan game yang kita mainkan.




Sisi Audio,  Asus menggandeng Dirac untuk menghadirkan audio yang terbaik bagi Asus ROG Phone 3. Terbukti dari perolehan skor tertinggi dari DXOMARK Audio Review dengan skor 75 Poin. ROG Phone 3 dipercaya menaikkan standar kualitas audio pada smartphone yang lebih tinggi dan seimbang dengan Dual Front Facing Speakers.


Sisi Konektivitas, Asus ROG Phone 3 menggunakan side-mounted USB Type C.  Dengan adanya side-mounted dapat memungkinkan kita menambahkan aksesoris  seperti AeroActive Cooler 3, 3.5mm audio jack dan pengisian daya sekaligus. Disisi lain, fitur side charging secara khusus diperuntukkan untuk gamer agar membuat kita semakin nyaman bermain game secara landscape sambil mengisi daya.


Dari Sisi Software, 
Asus ROG Phone memiliki beberapa Software keren untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dalam bermain game melalui Smartphone.  Software tersebut bernama Armoury Crate. Armoury Crate adalah sebuah Hub atau Jembatan Gaming dari Asus ROG. Pada aplikasi ini kamu bisa melakukan memonitoring dan kontrol performa ROG Phone 3 kamu. Misalnya untuk mengatur performa, Display Lighting Effect, Button Mapping serta Library Game.  Salah satunya adalah Fitur X-Mode. Yang memungkinkan kita untuk mengatur meningkatkan performa console sesuai keinginan kita. 


Asus X Mode
X Mode Pada Asus ROG Phone 3

X-Mode adalah Mode Performa Terbaik dari Asus ROG Phone 3 dengan parameter performa yang dibuat oleh Asus. Ketika X-Mode diaktifkan, maka secara kinerja CPU / GPU akan meningkat dana kan mengoptimalkan pengalaman kamu dalam bermain game. Sebenarnya Mode ini juga bisa dibuat profil sendiri, Misalnya bisa digunakan untuk menaikkan dari parameter default ataupun menurunkan parameter tertentu untuk mengirit baterai.


Ada 3 Level X-Mode pada Asus ROG Phone 3, antara lain X-Mode Level 1, X-Mode Level 2, X-Mode Level 3. Mengutip dari Website Jagat Review, Mereka telah melakukan pengujian performa pada X Mode Level 1 ternyata menghasilkan Throttling CPU 88%, Kemudian X Mode Level 2 menghasilkan Throttling CPU 94% dan X Mode Level 3 menghasilkan Throttling CPU 95%.


X-Mode sendiri adalah bagian dari fitur yang termasuk dalam Armoury Crate, Armoury Crate adalah sebuah Hub atau Jembatan Gaming dari Asus ROG. Pada aplikasi ini kamu bisa melakukan memonitoring dan kontrol performa ROG Phone 3 kamu. Misalnya untuk mengatur performa, Display Lighting Effect, Button Mapping serta Library Game. 


Review Selengkapnya mengenai X-Mode bisa dibaca disini : Menilik X-Mode Pada Asus ROG Phone 3 Bikin Kamu Los Dol main Game.


5. Kamu Gak Bisa Merasa Bosen saat main Game

Aksesoris Asus ROG Phone 3 akan membawamu kedalam pengalaman bermain Game yang maksimal (Immersive Gaming Experience). Aksesori yang semakin lengkap, akan menjadikan ROG Phone 3 menjadi ponsel gaming yang paling unik. Kalau kamu, sudah punya aksesori ROG Phone 2, tenang saja karena Aksesori tersebut dapat digunakan untuk Asus ROG Phone 3.


Berikut, beberapa akesori game yang akan membawa untuk mendapatkan pengalaman gaming Maksimal :


ROG Kunai 3 Gamepad


Masih suka pakai controller fisik? Tenang saja. ROG Kunai Gamepad 3 hadir memberikan pengalaman yang lebih baik lagi dalam bermain game. Memiliki desain baru yang kokoh, serta fitur key mapping yang cangih melalui Game Genie. Daftar game yang kompatible dengan ROG Kunai Gamepad 3 dapat dilihat melalui Armoury Crate.

Baca Review Selengkapnya Mengenai Asus Kunai 3 GamePad

TwinView Dock 3

Masih beradaptasi dari Game Konsol ? tenang saja, TwinView Dock 3 hadir akan memberikanmu pengalaman dua layar sekaligus. TwinView Dock 3 bahkan memiliki refresh rate yang sama dengan ROG Phone 3 yaitu 144Hz, beserta baterai berkapasitas 5.000mAh dan Kipas tersendiri.


ROG Clip

Salah satu kemampuan keren dari ROG Phone 3 adalah kompatible disambungkan dengan controller DualShock 4, XBOX One, dan Google Stadia. Agar dapat terpasang dengan baik, dan kamu bisa bermain game dengan controller tersebut berasa nyaman, kamu bisa tambahkan aksesori ROG Clip.


AeroActive Cooler 3

AeroActive Cooler menemani para Pro Gamer untuk mencegah Smartphone cepat panas, Walaupun ROG Phone 3 sudah dibekali cooler bawaan yang dapat menjaga agar HP tidak cepat Panas. Akan tetapi, bagi para Pro Gamer Cooler external sangat dibutuhkan demi menjaga smartphone tetap Aman dan tahan lama. Uniknya, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya, dan audio jack untuk menghubungkan ke headphone. Bayangkan saja, kita bisa menggunakan Pendingin, Pengisian Daya dan Headphone sekaligus. Triple Kill bukan?


Lighting Armour Case

ROG Phone 3 bakal lebih garang jika menggunakan Lighting Armour Case yang dapat menampilkan logo ROG yang ganas. Bahkan, Lighting Armour Case juga memiliki fitur Aura RGB yang dapat di kustomisasi sesuai keinginan kamu. Kamu bisa guankan aplikasi Armoury Crate untuk mengatur RGB.


Glass Screen Protector

ROG Phone 3 kini semakin terasa lebih aman terlindungi dengan aksesori Glass Screen Protector, sehingga ROG mu terkhindar dari Goresan. Kerennya, Glass Screen Protectordilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi kita dari bahaya-bahaya bakteri.


Waist Pack dan Crossbody Pack

Lifestyle Gaming akan terasa lengkap dengan tambahan aksesori Waist Pack ataupun Crossbody pack yang dapat menambah stylish kita sebagai Gamer Pro. Apalagi sebagai Smartphone Gamer kita sering Mabar diluar atau Café, akan lebih bergaya menggunakan Asus ROG Waist Pack dan Crossbody Pack.


Spesifikasi Asus ROG Phone 3

Mulai tertarik membeli Asus ROG Phone ? Sebaiknya kita baca dulu spesifikasi lengkap dari Asus ROG Phone 3. Berikut spesifikasi lengkapnya :








Harga Asus ROG Phone 3

ROG Phone 3 telah hadir di Indonesia dengan pilihan dua varian. Pertama, varian Penyimpanan 128GB dan RAM 8GB dengan banderol harga Rp. 9.999.000. Kedua, varian penyimpanan 256GB dan RAM 12GB dengan banderol harga Rp. 14.999.000.


Pembelian Asus ROG Phone 3

Pembelian melalui Online Store atau Marketplace dapat dilakukan pada link-link berikut ini :

Kesimpulan

Dari kelima hal diatas memang menjadi keunggulan tersendiri bagi Asus ROG Phone 3. Pihak Asus memang gak main-main ingin menjadi pemain terbaik dalam seri smartphone gaming. Memang pantas disebut sebagai Game Changer, Buktinya hampir semua unsur dari Asus ROG Phone 3 merupakan Part yang terbaik dikelasnya. 


Bagaimana, Siap menjadi pemenang dengan ASUS ROG Phone 3 ? Tentu saja iya, ROG Phone 3 - The Ultimate Winner merupakan pilihan yang worth it untuk mau para Pro Gamer ataupun Newbie Gamer yang gak mau kompromi dengan spesifikasi. Bagi kamu yang ingin menjajal Asus ROG Phone 3 langsung beli melalui link-link e-commerce diatas.


Referensi :
Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang Blogger, Penulis dan Bercita-cita menjadi Orang yang Paling Bermanfaat Sedunia Akhirat

0 komentar: